Minggu, 25 Februari 2018

Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13)

Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13)

Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13)
Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13)

Untuk saat ini saya beralih dahulu postingannya ke jenjang Paud mengenai file yang sering ditanyakan oleh guru jenjang Paud, yaitu Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13). Baiklah saya akan menjelaskan sedikit mengenai Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13) itu seperti apa.

Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13) yang sering dibuat untuk jenjang Paud ini terdiri dari beberapa Format Penilaian, dimana penilaian yang dilakukan ada terdiri dari beberapa penilaian K13, seperti misalnya untuk Contoh Penilaian HARIAN PAUD. Dimana penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik tersebut dilakukan secara berkala setiap harinya. Ada juga penilaian yang dilakukan untuk setiap bulannya. Juga terdapat penilaian untuk satu semester, ya bunda tau sendiri penilaian apa itu yakni penilaian berupa Raport misalnya.

1. Contoh Format Penilaian Harian Paud Kurikulum 2013 (K13)

Untuk Contoh Format Penilaian Harian Paud, bunda bisa membuatnya dengan mudah. Bisa dilakukan dengan membuatnya menggunakan format word, atau juga format excel. Tergantung bagaimana fungsi dan kebutuhannya atau juga tergantung dengan sejauhmana bunda menguasai Microsoft Office tersebut.

Contoh Format Penialaian Harian Paud tersebut di dalamnya terdapat beberapa unsur yang sering digunakan dalam pembuatan format penilaian. Seperti yang saya kutip dari sumber Paud Jateng bahwa penilaian harian tersebut bisa dilakukan dengan beberapa langkah seperti berikut di bawah ini :
  1. Kegiatan pengumpulan data serta informasi yang terdapat pada kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik setiap harinya.
  2. Untuk memudahkan melakukan penilaian, anda bisa menggunakan checklist (√) untuk skala capaian dimana setiap perkembangan yang ditentukan sebelumnya pada RPPH. Bunda bisa menchecklist (√) untuk skala capaian perkembangan yang berisikan setiap indikator perkembangan dengan maksud mengukur ketercapaian sebuah tujuan serta kompetensi dasar di dalam RPPM
  3. Untuk tahap selanjutnya Bunda bisa memakai catatan anekdot peserta didik, dengan maksud untuk mencatat setiap perilaku anak saat mengikuti kegiatan pembelajaran, entah pada saat bermain yang dilakukan di kegiatan inti atau pada saat kegiatan yang sering dilakukan secara rutin. Bunda bisa meihat contoh dari pada Catatan Anekdot Anak di sini.
  4. Bunda bisa memakai data/informasi yang didapat dari suatu catatan hasil dari karya anak.
Untuk contoh Format Penilaian Harian Paud Kurikulum 2013 (K13), bunda bisa mendownloadnya melalui url link download berikut di bawah ini :

2. Contoh Format Penilaian Bulanan Paud Kurikulum 2013 (K13)

Setelah bunda mempelajarai bagaimana pembuatan Format Penilaian Harian Paud Kurikulum 2013 (K13), tentunya selanjutnya bunda harus melakukan penilaian langkah selanjutnya yaitu Penilaian Bulanan Paud yang harus bunda buat. Dalam pembuatan Penilaian Bulanan Paud Kurikulum 2013 (K13), diperlukan beberapa tahapan yang sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. 

Dengan melaksanakan penilaian harian Paud, seperti yang telah teruraikan pada penjelasan di atas yaitu untuk melakukan penilaian harian, didapat dengan melakukan pembuatan cheklist Skala Perkembangan Anak, membuatan Catatan Anekdot Anak, membuatan Catatan Hasil Karya Anak, barulah bunda membuat Penilaian Bulanan untuk nantinya di masukan ke dalam Raport Paud

Oh iya bunda ayah, dalam melaksanakan penilaian bulanan Paud, tentunya ada beberapa kriteria di dalamnya. Bunda dan Ayah bisa membacanya pada bagian berikut di bawah ini :

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan Bunda dan Ayah download Contoh Format Penilaian Bulanan Paud Kurikulum 2013 pada url berikut di bawah ini :

Download File :
Format Penilaian Bulanan Paud Kurikulum 2013

3. Contoh Penilaian Raport Paud Kurikulum 2013 (K13)

Yang selanjutnya setelah melakukan penilaian Harian Paud dan juga penilaian bulanan Paud, bunda dan ayah harus membuat penilaian akhir yakni Penilaian Raport Paud. Untuk melakukan pembuatan Raport Paud bunda dan ayah dapat langsung melihatnya di sini.

Sekian atas apa yang saya bagikan kali ini mengenai Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13), semoga apa yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bunda dan ayah untuk melakukan Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13). Terima kasih telah berkunjung.

Contoh Format Penilaian Paud Kurikulum 2013 (K13) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AnindiaAG