Pengertian Perangkat Pembelajaran
Perangkat
pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan
pembelajaran. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat
atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan
peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi
pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium
atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat
pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan
pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar
isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media
dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
a. Silabus
Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema
tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang
dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri
sesuai kearifan lokal daerah masing-masing.
Silabus
digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran
lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai,
dan pokok-pokok serta uraian yang ingin dicapai dan dipelajari siswa dalam
mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Silabus
merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan
penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling
berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.
Pada
umumnya suatu silabus paling sedikit harus mencakup unsur-unsur:
· Tujuan mata pelajaran yang akan
diajarkan,
· Sasaran-sasaran mata pelajaran,
· Keterampilan yang diperlukan agar
dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik,
· Urutan topik-topik yang diajarkan,
· Aktifitas dan sumber-sumber belajar
pendukung keberhasilan pengajaran,
· Berbagai teknik evaluasi yang
digunakan.
Sebagai contohnya, anda bisa mengunjungi url berikut ini :
b. Kalender Pendidikan
Kalender
pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu
pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester
maupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga dapat menjadi panutan
untuk memulai maupun mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.
Sebagai contohnya, silahkan klik url berikut ini :
c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson
Plan)
Rencana
pelaksanaan pembelajaran yaitu panduan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh
guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam skenario kegiatan. Rencana
pelaksanaan pembelajaran disusun untuk setiap pertemuan yang terdiri dari tiga
rencana pembelajaran, yang masing-masing dirancang untuk pertemuan selama 90
menit atau 135 menit (Trianto, 2007).
Adapun
komponen rencana pembelajaran adalah: (1) standar kompetensi dan kompetensi
dasar, dalam hal ini kita harus memilih dari kurikulum; (2) pokok bahasan; (3)
indikator; (4) model pembelajaran, dipilih sesuai penekanan kompetensi dan
materi; (5) skenario pembelajaran, berisi urutan aktivitas pembelajaran siswa
dan mencerminkan pilihan model Pembelajaran, yang meliputi kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan akhir; (6) media pembelajaran, dipilih dan di
urutkan sesuai skenario pembelajaran; (7) sumber pembelajaran; dan (8)
penilaian hasil belajar.
Tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa anda download pada url berikut ini :
d. Lembar Kegiatan Siswa (Student Worksheet)
Lembar
kegiatan siswa adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan
penyelidikan atau pemecahan masalah. LKS dapat disusun dengan bersifat panduan
tertutup yang dapat dikerjakan siswa, sesuai dengan tuntunan yang ada, atau
dapat juga LKS yang bersifat semi terbuka. LKS model ini memberi peluang bagi
siswa untuk mengembangkan kreativitasnya, walaupun masih ada peranan guru dalam
memberikan arahan. LKS model apapun yang disusun harus mampu memberikan panduan
agar siswa dapat belajar dengan benar, baik dari segi proses keilmuan maupun
dalam memperoleh konsep.
Untuk contohnya dapat dilihat di sini :
e. Buku
Buku
sebagai rangkaian dari perangkat pembelajaran tentunya haru memberikan manfaat
bagi guru khususnya siswa. Depdiknas (2008a:12) menjelaskan bahwa “Buku adalah
bahan tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan buah pikiran dari
pengarangnya.” Lebih lanjut dijelaskan dari sumber yang sama (Depdiknas,
2008a:12), bahwa: Buku sebagai bahan tertulis merupakan buku yang berisi suatu
ilmu pengetahuan hasil analisis terhadap kurikulum dalam bentuk tertulis.
Sedangkan buku yang baik adalah buku yang ditulis dengan menggunakan bahasa
yang baik dan mudah dimengerti, disajikan secara menarik dilengkapi dengan
gambar dan keterangan-keterangannya, isi buku juga menggambarkan sesuatu yang
sesuai dengan ide penulisnya.
Beberapa
batasan buku di atas menjelaskan bahwa buku sebagai salah satu bahan ajar jenis
bahan cetak merupakan buku yang substansinya adalah pengetahuan, yang disusun
berdasarkan analisis kurikulum, disusun untuk memudahkan guru dalam
pembelajaran dan siswa belajar mencapai kompetensi yang ditetapkan kurikulum,
dengan memperhatikan kebahasaan, kemenarikan, dan mencerminkan ide penulisnya.
Buku yang memudahkan belajar siswa disebut buku siswa, dan buku yang memudahkan
guru dalam melaksanakan pembelajaran disebut sebagai buku panduan
guru/pendidik, masing-masing memiliki struktur dan komponen yang khas.
Bagi yang mencari Buku Pelajaran silahkan klk url di bawah ini :
f. Instrumen Penilaian Penilaian
Instrumen
Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan
belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang
Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian
dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi
keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan
indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari masing-masing domain
tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang digunakan untuk
mengumpulkan informasi tentang kemajuan peserta didik baik berupa tes maupun
non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap,
penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.
Untuk yang terakhir ini , silahkan klik url download berikut ini :