Jumat, 10 Juni 2016

Download Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD]

Download Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD]
Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD] ini merupakan sebuah modul atau bisa disebut juga panduan bagi Tenaga Pendidik jenjang PAUD. Dimana modul ini berisikan mengenai panduan-panduan umum untuk persiapan bagi anda dalam rangka sertifikasi guru.


Pada modul ini dijelaskan mengenai peran serta fungsi dari guru paud itu sendiri. Sekilas mengenai modul ini saya uraikan sedikit, selebihnya anda dapat mempelajarinya setelah anda mendownloadnya sendiri. Adapun uraian tersebut adalah :
Pengertian Profesionalisme Guru P.G PAUDPersiapanPersiapan yang dimaksud disini adalah persiapan teknis dan non teknis.Persiapan nonteknis adalah persiapan mental yang mengarah kepada pembentukan konsep diri sebagai gurumelalui pertanyaan –pertanyaan yang secara jujur hendaknya bisa dijawab oleh masing –masing peserta . Adapun pertanyaan –pertanyaan tersebut antara lain adalaha) Sudah siapkah aku menjadi guru AUD?b) Bisakah aku menghadapi anak-anak?c) Bisakah aku mengajar anak-anak dengan benar?d) Apakah aku mampu membuat suasana belajar yang menyenangkan bagi anak?e) Apakah aku mampu memotivasi anak-anak untuk mengembangkan kemampuan mereka?f) Apakah aku bisa diterima oleh rekan sejawat?g) Apakah aku sanggup mengahadapi orang tua murid?Pembentukkan konsep diri sebagai guru dimaksudkan agar guru tersebut memilikikepercayaan diri (self confidence) sebelum melaksanakan tugasnya, karena Guru yang tidakmemiliki rasa percaya diri akan menghambat pekerjaannya sebaga i guru yang profesional.Persiapan teknis adalah persiapan yang hendaknya dilakukan oleh seorang guru sebelummenjalankan tugasnya yang bertujuan untuk melancarkan pekerjannya sebagai guru. Adapunpersiapan teknis tersebut adalah: a) Menyelesaikan urutan administrasi: b) Membuatpersiapan KBM sesuai dengan kurikulum serta visi dari masing-masing sekolah. Hal yangdilakukan adalah membuat rapat kecil dengan kepala sekolah juga teman sejawat agar adaketerpaduan dalam pelaksanaan program KB yang disesuaikan dengan rencana sekolah. c)Merancang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tema yang telah direncanakan dandipersiapkan. d) Membuat satuan kegiatan tahunan sesuai dengan tema yang direncanakan,seperti satuan kegiatan harian (SKH) satuan kegiatan mingguan. e) Menyiapkan modelpembelajaran yang akan dilakukan f) Menyiapkan media guna mendukung kegiatan beajar
mengajar; g) Menyiapkan setting kelas-ruangan. h) Menyiapkan metode yang akan digunakan berikut kegiatan penunjangnya seperti gerak dan lagu, yel-yel dll.

............................................................................................................

4) Peran guru P.G PAUDSeorang guru PAUD pada kegiatan kesehariannya dalam bekerja secara professionaldapat melakukan beragam fungsi sekaligus (multi peran). Adapun perandari guru tersebutadalah : a) Guru anak usia dini sebagai pendidik : Guru adalah pendidik yang menjadi tokohsentral serta panutan (model) bagi murid dan lingkungannya. Oleh karena itu seorang guruharus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup wibawa, tanggung jawab,mandiri, dan disiplin. b) Guru anak usia dini sebagai pengganti sementara ayah atau ibu :Anak usia dini dalam kesehariannya dikelas membutuhkan sosok pengganti sementara ayahatau ibu, untuk itu guru harus bisa berperan menjadi pengganti sementara ayah atau ibu(selama berada di sekolah), namun harus tetap dapat menjaga batasan-batasannya demi untukmenjaga keprofesionalan seorang guru. c) Guru anak usia dini sebagai teman Bersikapsebagai teman bagi anak usia dini sangat dibutuhkan, karena akan mempelancar komunikasiantara guru dan murid. Sehingga anak usia dini tidak merasa berjarak dengan guru yang dapatmemotivasi anak usia dini untuk bersemangat berangkat ke sekolah (karena akan bertemudengan teman- temannya). d) Guru anak usia dini sebagai pengajar Guru AUD membantumurid yang tumbuh dan berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahui dengancara senantiasa memotivasi murid agar dapat mengembangkan potensinya. e) Guru anak usiadini sebagai pengasuh AUD adalah anak belum terbentuk kepribadiannya sehinggadibutuhkan guru yang mengerti menggunakan pola asuh yang tepat disaat dibutuhkan olehanak didik. f) Guru anak usia dini sebagai model dan teladan. Menjadi teladan merupakansifat dasar dalam kegiatan pembelajaran selain itu sebagai model dan teladan berakibat bahwaguru senantiasa akan disorot tingkah lakunya baik oleh anak didik maupun lingkungannya. g)Guru anak usia dini sebagai pribadi Jika kita memiloih profesi guru AUD maka sudahselayaknya kita memiliki kepribadian yang mencemirkan seorang pendidik. Adapunkepribadian seorang guru AUD yang diharapkan adalah kepribadian yang hangat, selalutersenyum, ceria, terbuka, serta sabar. h) Guru anak usia dini sebagai pesulap: Memiliki. . . . . .
Uraian tersebut adalah merupakan bagian dari pada modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bisa anda miliki dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu pada bagian url download di bagian atas artikel ini. 

Demikian yang bisa saya uraikan mengenai modul ini. Semoga Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi anda yang akan mengikuti PLPG. Terima kasih telah berkunjung.


Ada juga aplikasi raport paud yang bisa anda lihat di sini :


Download Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown