Senin, 16 November 2015

Undang Undang Nomor 26 Tahun 2000 Tentang Peradilan Hak Asasi Manusia

Undang Undang  Nomor 26 Tahun 2000 Tentang Peradilan Hak Asasi Manusia


Next to Download

Preview

Undang Undang  Nomor 26 Tahun 2000 adalah sebuah Undang-undang yang mengatur Tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.

Secara historis UU Pengadilan HAM lahir karena amanat Bab IX Pasal 104 Ayat (1) UU No. 39 Tahun 1999. Dengan lahirnya UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM tersebut, maka penyelesaian kasus HAM berat dilakukan dilingkungan Peradilan Umum. Ini merupakan wujud dari kepedulian negara terhadap warga negaranya sendiri. Negara menyadari bahwa perlunya suatu lembaga yang menjamin akan hak pribadi seseorang. Jaminan inilah yang diharapkan nantinya setiap individu dapat mengetahui batas haknya dan menghargai hak orang lain. Sehingga tidak terjadi apa yang dinamakan pelanggaran HAM berat untuk kedepannya.

Dengan diundangkannya UU ini, setidaknya memberikan kesempatan untuk membuka kembali kasus pelanggaran HAM berat yang penah terjadi di Indonesia sebelum diundangkan UU Pengadilan HAM sebagaimana diatur dalam Pasal 43-44 tentang Pengadilan HAM Ad Hoc. Dan Pasal 46 tentang tidak berlakunya ketentuan kadaluwarsa dalam pelanggaran HAM yang berat. Masuknya ketentuan tersebut dimaksudkan agar kasus-kasus yang terjadi sebelum diundangkannya UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM dapat diadili.

Dalam UU No. 26 Tahun 2000 hukum acara atas pelanggaran HAM berat dilakukan berdasarkan ketentuan hukum acara pidana yang terdiri dari:

Jaksa Agung sebagai penyidik berwenang melakukan penangkapan.
Jaksa Agung sebagai penyidik berwenang melakukan penahanan.
Komnas HAM sebagai penyelidik berwenang melakukan penyelidikan.
Jaksa Agung sebagai penyidik berwenang melakukan penyidikan.
Jaksa Agung sebagai penyidik berwenang melakukan penuntutan.
Pemeriksaan dilakukan dan diputuskan oleh Majelis Hakim Pengadilan HAM.

Undang Undang Nomor 26 Tahun 2000 Tentang Peradilan Hak Asasi Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown