Kamis, 03 Agustus 2017

Terkait Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017

Terkait Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017

Terkait Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017

Berdasarkan apa yang saya temukan pada salah satu media sosial Facebook, saya perhatikan dengan seksama bahwa mengenai Pendaftaran Online CPNS untuk tahun 2017 bisa dilakukan pada awal bulan Agustus tahun 2017 sekarang ini.

Untuk itulah mungkin apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang bingung dalam menghadapi pendaftarran CPNS untuk tahun 2017 sekarang ini.

Berita tersebut saya ambil dari salah satu sumber yang bisa dipercaya. Langsung saja, anda bisa membacanya pada bagian berikut di bawah ini :

Pendaftaran CPNS Mulai Hari Ini, Simak nih Tahapan Seleksinya

JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2017 secara online dimulai hari ini. Lowongan yang tersedia cukup banyak. Yakni mencapai 19.210 kursi. Formasi CPNS baru yang tersedia hanya untuk Mahkamah Agung (MA) serta Kementerian Hukum dan HAM. Perinciannya, kuota CPNS baru di MA 1.684 kursi semuanya untuk calon hakim.

Sisanya 17.526 kursi di Kementerian Hukum dan HAM. Paling banyak formasinya untuk sipir 14 ribu orang dan analisis keimigrasian 2.278 orang. Sisanya untuk jabatan teknis lainnya. "Rencananya besok (hari ini) jam 10.00, akses ke website pendaftaran online sudah bisa dibuka dan digunakan untuk mendaftar," kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Mohammad Ridwan di Jakarta kemarin (31/7).

Ridwan mengatakan, panitia sudah mengantisipasi potensi lalu lintas akses ke website itu. Tim teknis BKN sudah membuat simulasi stress test. Hasilnya, website masih mampu atau bertahan dengan jumlah 500 ribu hits per detik. Jika nanti ada gangguan, BKN sudah menyiapkan skenario cadangan.
Intinya dia berharap masyarakat mendaftar secepatnya. Tidak menumpuk di belakang menjelang penutupan pendaftaran. Kalaupun nanti pendaftar mendapati gangguan sistem, tidak perlu panik.

Setelah itu ada tes kompetensi bidang (TKB). Pelaksanaaan TKB dijalankan masing-masing instansi. Selain itu juga ada tes kesemaptaan untuk formasi tertentu. Pendaftaran online hanya untuk mendapatkan formulir pendaftaran. Kemudian dilakukan pengiriman dokumen fisik ke alamat yang sudah ditetapkan masing-masing instansi.

"Dokumen-dokumen yang dikirim juga barus dicek dengan teliti. Jangan cepat-cepat dikirim tanpa diperiksa ulang," urainya. (wan/oki)

Mahkamah Agung
- Kuota : 1.684 (calon hakim semuanya)
- Pendaftaran: 1-26 Agustus (pukul 23.59)
- Seleksi kompetensi dasar: 18-22 September
- Tes kompetensi bidang: 4 - 7 Oktober
- Psikotes dan wawancara, serta membaca dan memahami kitab kuning
(khusus calon hakim agama): 16 - 21 Oktober
- Pengumuman hasil: 31 Oktober
Kementerian Hukum dan HAM
- Kuota: 17.526
- Pendaftaran 1-31 Agustus untuk formasi S1 sederajat dan 1-26 Agustus untuk DIII dan SMA sederajat.
- Seleksi Kompetensi Dasar :
1. S1 sederajat : 11 - 16 September
2. D-III dan SMA sederajat : 25 September - 3 Oktober
- Seleksi kompetensi bidang :
1. S1 sederajat : 9 - 11 Oktober dan 12 - 13 Oktober (khusus jabatan pengelola IT)
2. D-III dan SMA sederajat : 23 - 28 Oktober
- Seleksi wawancara :
1. S1 sederajat : 16 - 19 Oktober
2. D-III dan SMA sederajat : 30 oktober - 2 november
- pengumuman akhir
1. S1 sederajat : 9 november
2. D-III dan SMA sederajat : 9 november
Sumber: kementerian PA-R
Gagal Masuk, Pelamar CPNS Jangan Panik, Klik Ini! -

JAKARTA - Kabag Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Herman mengimbau para pelamar CPNS tidak usah panik lantaran gagal mengakses atau masuk ke portal BKN.

Pelamar disarankan tidak panik dan mencoba di hari lain. "Gak usah panik kalau gagal akses hari ini. Waktunya sebulan, jadi gak usah buru-buru," ujar Herman kepada JPNN.Selasa (1/8). Dia juga menyarankan agar tidak masuk lewat portal BKN. Sebaiknya langsung masuk ke llink https://sscn.bkn.go.id. Begitu sudah mengakses, pelajari dulu seluruh mekanismenya.

"Ingat jangan melompati halaman petunjuknya. Banyak kesalahan dilakukan pelamar karena maunya terburu-buru daftar," ujarnya. Para pelamar pun disarankan mendaftar di jam-jam tidak sibuk atau di hari-hari pertama pendaftaran dibuka. Sejauh ini tingkat kunjungan ke portal BKN sudah hampir sejuta.

Pelamar CPNS Hanya Dibolehkan Pilih Satu Instansi, Jabatan, dan Formasi

JAKARTA - Pagi ini jam 10.00 WIB, pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM bisa diakses melalui sscn.bkn.go.id. Sesuai dengan PermenPAN-RB No.20 Tahun 2017, calon pelamar hanya boleh mendaftar pada satu instansi dalam satu periode/event pelaksanaan seleksi.

Pendaftaran hanya boleh pada satu instansi, serta satu jabatan dan satu jenis formasi (salah satu di antara Formasi Umum, Formasi Cumlaude, Formasi Disabilitas, atau Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat).

"Para calon pelamar CPNS harus mencermati betul jabatan dan formasi yang akan dipilih. Pastikan sesuai dengan minat serta kualifikasi yang dimiliki oleh calon pelamar,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman di Jakarta, Selasa (1/8).

Herman menjelaskan, peraturan saat ini menerapkan seluruh sistem pendaftaran dilakukan secara elektronik, dan calon pelamar tidak bisa mengubah pilihan tersebut dengan alasan apapun. Oleh karena itu, ia menyarankan kepada calon pelamar agar membaca dan memahami secara cermat seluruh persyaratan pelamaran yang telah dicantumkan pada pengumuman dari instansi tersebut sebelum memutuskan pilihan instansi, jabatan dan jenis formasi sesuai dengan kualifikasi dan minat yang dimiliki.

Dia mencontohkan, calon pelamar yang berpendidikan S-1 Hukum yang telah mendaftar di Instansi Kemenkumham tidak boleh mendaftar di MA. Apabila di Instansi Kemenkumham telah mendaftar pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama, tidak boleh mendaftar di jabatan lain seperti jabatan Analis Hukum. Selanjutnya apabila pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama telah mendaftar pada jenis Formasi Cumlaude, tidak boleh mendaftar pada jenis Formasi Umum, Formasi Disabilitas, dan Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Pemerintah menyediakan berbagai jabatan serta formasi CPNS pada kedua instansi tersebut, oleh karena itu Herman juga menyarankan kepada calon pelamar untuk menyiapkan diri dengan baik serta mengikuti seluruh rangkaian seleksi CPNS ini.

"Seluruh putra-putri terbaik bangsa yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi dipastikan akan mengikuti seleksi CPNS ini. Untuk itu calon pelamar agar mempersiapkan seluruh syarat administrasi, serta fisik dan mental agar sukses mengikuti rangkaian ujian CPNS," jelas Herman.(esy/jpnn)

3.961 Pelamar CPNS Sukses Daftar Online -

JAKARTA - Sebanyak 3.961 pelamar CPNS sukses mendaftar secara online lewat sscn.bkn.go.id. Jumlah ini menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, berdasarkan update data pukul 15.00 WIB.

Data BKN menyebutkan, pelamar yang sudah membuat akun dan login sebanyak 5236 orang. Sedangkan yang berhasil akses https://sscn.bkn.go.id tercatat 7324 orang.

“Jadi pelamar CPNS ini kami kategorikan tiga. Yaitu SSCN portal 7324, SSCN akun 5236, SSCN daftar 3.961," kata Ridwan yang dihubungi, Selasa (1/8).

Sscn portal artinya pelamar yang hanya membuka laman https://sscn.bkn.go.id tanpa membuat akun dan login.

Sscn akun, pelamar sudah membuat akun dan login tapi belum daftar. Sedangkan sscn daftar, pelamar sudah menentukan pilihan satu instansi, formasi, dan jabatan.

“Kalau dilihat sscn akun lebih banyak dibanding sscn daftar karena pelamar masih ragu-ragu menentukan pilihan. Ini gak masalah karena masih punya waktu panjang untuk daftar,” terangnya.(esy/jpnn)

Berikut di atas adalah ulasan mengenai pendaftaran Online perekrutan CPNC secara online untuk tahun 2017 sekarang ini. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Sumber : facebook

Terkait Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown